header-int

Kegiatan Sosialisasi Bahaya Merokok bagi siswa dan Perempuan

Senin, 10 Feb 2020, 15:00:13 WIB - 1164 View
Share
Kegiatan Sosialisasi Bahaya Merokok bagi siswa dan Perempuan

Kegiatan Sosialisasi Bahaya Merokok bagi siswa dan Perempuan di Aula SMKN 51 Jakarta, Senin 10 Februari 2020, dibuka oleh ibu kepala sekolah, Suyamti, S. Pd, MM

Usia anak sekolah berkisar antara 7 tahun sampai 18 tahun, dimana masa-masa remaja dan masa anak-anak mencari jati diri dan mencoba-coba sesuatu hal yang baru, termasuk mencoba untuk merokok. Biasanya siswa-siswi yang mencoba untuk merokok berkisar antara usia 11 sampai dengan 18 tahun atau masa siswa di SMP dan SMA/SMK. Oleh sebab itu perlu dilakukan suatu kegiatan yang mampu memberikan suatu informasi tentang rokok dan bahaya merokok, khususnya untu siswa/I dan perempuan yang ada di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini hendaknya mampu menjelaskan secara gamblang dari bahaya merokok secara umum, khususnya bahaya merokok yang dilakukan oleh siswa atau perempuan yang masih duduk di bangku sekolah. Merokok dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh orang baik dewasa maupun anak- anak. Apalagi jika merokok dilakukan oleh anak-anak dalam hal ini siswa/I yang masih menduduki bangku sekolah.

Bahaya merokok pada umumnya dapat mengganggu kesehatan baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif, yaitu orang-orang yang berada di sekitar orang yang merokok yang dalam hal ini perokok pasif hanya terkena imbasnya dari asap rokok yang diakibatkan oleh di perokok aktif tadi. Selain bahaya buat pernapasan, merokok juga ternyata dapat menyebabkan gangguan di paru-paru orang yang merokok aktif. Jika merokok dilakukan oleh anak-anak sekolah yang masih duduk di bangku SMP dan SMA/SMK , selain kesehatan mereka yang terganggu, secara otomatis juga akan mengganggu pola belajar yang seharusnya dilakukan oleh anak-anak sekolah, gangguan kesehatan yang timbul akibat merokok dapat menyebabkan siswa/I tersebut menjadi malas untuk belajar dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Akibat dari merokok, anak tersebut menjadi tidak bisa konsentrasi dalam mengikuti kegiatan belajarnya di sekolah, ditambah dengan gangguan batuk dan sesak pernapasan yang mereka alami. Lebih parahnya lagi jika merokok dilakukan untuk jangka waktu yang panjang dan secara kontinyu atau terus menerus, maka anak-anak tersebut akan mengalami sakit yang lebih parah lagi yaitu infeksi paru-paru. Di Indonesia masih banyak orang yang menderita sakit infeksi paru-paru dan juga anak- anak yang masih di bawah umur, usia sekolah di antara SMP dan SMA/SMK.

Banyak mereka bahkan yang tidak dapat tertolong karena mengidap penyakit infeksi paru-paru. Bahkan yang lebih buruk lagi sampai menderita kanker paru-paru akibat dari merokok. Selain beberapa penyakit yang bisa timbul karena merokok, bagi anak-anak sekolah, merokok bisa menjadi kecanduan yang akan merusak otak maupun tubuh anak-anak tersebut, sehingga menjadi pemalas dan tidak bisa konsentrasi dalam kegiatan belajar di kelas atau di sekolah.

Padahal mereka merupakan usia produktif yang diharapkan mampu menjadi sumber daya Manusia yang handal dalam menciptakan suatu karya atau inovasi pada saat nanti mereka bekerja di suatu perusahaan. Mereka adalah harapan dan masa depan bangsa Indonesia yang sangat dibutuhkan dalam karya maupun karsa. Dengan mengetahui begitu banyaknya bahaya yang diakibatkan karena merokok, maka perlu dilakukan suatu kegiatan sosialisasi tentang bahaya merokok khususnya bagi siswa dan perempuan yang ada di lingkungan sekolah.

Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan siswa/i SMA/ SMK akan menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan cara tidak melakukan merokok di manapun, baik di tempat umum apalagi di lingkungan sekolah. Harapan kami selalu pendidik, dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini maka tingkat kegiatan merokok yang dilakukan oleh anak-anak terutama siswa/i SMA/SMK berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Sehingga diharapkan siswa/i SMA/SMK menjadi generasi penerus yang sehat jasmanai maupun rohaninya, siap menciptakan karya maupun karsa bagi bangsa Indonesia dan mampu menjadi pemimpin yang tangguh penuh percaya diri dalam menjalankan amanat bangsa dan negara. (NS)

 

materi paparan dapat di unduh di http://www.smkn51jakarta.sch.id/download

Unidha SMKN51 - Jakarta Timur
© 2021SMK Negeri 51 Jakarta Timur Follow SMK Negeri 51 : Facebook Twitter Linked Youtube